Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Bagaimana cara membedakan madu asli dan palsu?

Jawab :
Coba campurkan madu ke dalam air teh. Jika madu itu asli, maka air teh akan menjadi keruh. Jika madu itu palsu, warna air teh tidak akan berubah, seperti Anda melarutkan gula ke dalamnya.
Untuk membuktikan secara pasti harus menggunakan uji laboratorium.

Benarkah madu asli tidak dirubung semut?
Jawab :
Semut menyukai aroma dan rasa yang manis. Madu memiliki aroma dan rasa manis yang membuat semut tertarik. Bahkan sarang lebah pun bisa dikerubung semut. Namun madu asli biasanya mengandung sedikit propolis yang tercampur di dalam sarangnya. Propolis mengandung zat-zat yang tidak disukai serangga, sehingga biasanya semut hanya tertarik dengan aroma manisnya saja namun tidak menghisap madu. Di samping itu sifat kekentalan madu menyulitkan semut untuk menghisapnya.

Benarkah madu asli tidak mengendap/mengkristal jika disimpan lama/dimasukkan ke dalam kulkas?
Jawab :
Madu pada umumnya tidak mudah beku di dalam kulkas. Namun ada beberapa jenis madu yang bisa mengkristal jika didiamkan lama meskipun tidak disimpan di dalam pendingin. Hal ini merupakan karakteristik/sifat madu yang normal. Jadi tidak bisa menjadi indikator madu asli/tidak. Madu Multiflora Bina Apiari merupakan salah satu madu yang bisa mengkristal setelah disimpan beberapa lama.

Apakah penderita diabetes boleh minum madu?
Jawab :
Penyakit diabetes dicirikan dengan meningkatnya kadar gula dalam darah. Hal ini terjadi karena hormon insulin tidak mampu mengubah polisa menjadi glikogen. Bisa juga karena aktivitas hormon adrenalin merombak kembali glikogen menjadi glukosa.
Glikogen merupakan bahan dasar energi yang tersimpan di dalam hati dan siap ditransfer ke seluruh bagian tubuh yang memerlukan persediaan energi. Penderita diabetes yang cadangan glikogennya sedikit suatu ketika bisa kehabisan energi.
Madu mengandung glukosa dan fruktosa (keduanya merupakan gula monosakarida). Penderita diabetes bisa memanfaatkan fruktosa madu sebagai cadangan energi karena bisa langsung diserap darah dan disimpan dalam hati tanpa bantuan hormon insulin. Selain itu enzim glukose oksidase dapat menurunkan kadar glukosa darah dengan mengubahnya menjadi oksigen dan asam glukonik.

Penderita diabetes disarankan minum madu selama tiga hari berturut-turut sebanyak 3 x 1 sendok makan. Pada hari keempat hendaknya memeriksakan kadar gula darah. Jika kadar gula naik, dianjurkan menghentikan konsumsi madu. Jika kadar gula darah tidak naik, konsumsi madu dapat dilanjutkan karena dapat membantu penderita memperoleh cadangan energi.
(Sumber:“Madu Tropis,Gizi dan Kesehatan Masyarakat“,Dr.Ir.Mappatoba Sila, MSc, Ujung Pandang,1994)

Apakah madu asli tidak kadaluwarsa?
Jawab :
Madu asli memiliki sifat higroskopis (menarik air). Sifat ini membuat bakteri pembusuk dan jamur sulit hidup di dalam madu. Madu yang telah lama disimpan dapat mengalami perubahan aroma,rasa dan warna akibat peningkatan aktivitas enzim. Namun madu tidak rusak dan kandungan gizinya masih terjaga, selama madu disimpan dalam kondisi tertutup. Jangan menyimpan madu di dalam kemasan logam/besi karena bisa menimbulkan kerusakan pada madu. Selain itu simpan madu dalam suhu ruang/sejuk. Hindari menyimpan madu dalam suhu lebih dari 40oC karena bisa merusak zat gizi yang ada di dalamnya.

Test Madu Asli Dengan Koran
Madu diletakan diatas koran jika disekitar madu ada rembesan maka dikatakan madu asli
Fakta :
Hal ini tidak sepenuhnya benar karena hal ini hanya untuk menguji kadar air didalam madu, madu yang dipanen musim hujan akan memiliki kadar air yang tinggi, jadi air tetap meleber di pinggir madu yang diletakan di atas koran, meski madu tersebut manis

Test Dengan Memasukan Kedalam Freezer
Madu asli tidak membeku jika dimasukan ke dalam freezer
Fakta :
Pernyataan ini benar jika kadar air dalam madu kecil, namun seperti penjelasan di atas kadang saat musim hujam kadar madu asli memiliki kadar tinggi sehungga akan membeku jika dimasukan ke dalam freezer

Test Dengan Semut
Madu Asli Tidak Disenangi Semut, sedangkan madu palsu akan dikerubungi semut
Fakta :
Peryataan di atas benar namun kadang madu asli yang memiliki kadar air tinggi didatangi juga oleh semut, hal ini dikarenakan madu mengunakan belalai nya untuk mengambil makanan, hal ini hanya bisa dilakukan jika madu memiliki kadar air yang tinggi atau encer, jika madu kental maka semut tidak dapat mengambil makanan dari madu asli, selain itu pada musim hujan madu mengandung air hujan yang memiliki keasaman tinggi hal ini menyebabkan madu teroksidasi oleh udara yang akhirnya terfermentasi hal inilah yang biasanya terjadi jika kita membuka tutup botol madu maka akan timbul gas, bahkan dapat merusak tutup botol, dari sinilah semut tidak mau dengan madu asli karena rasanya yang manis asam.

Test dengan mencampurkan madu dengan air
Dengan komposisi yang sama coba campurkan madu asli dengan air begitu juga dengan madu palsu, maka akan didapat madu asli akan keruh sedangkan madu palsu lebih jernih.
Fakta
Hal ini dikarenakan karena madu asli mengandung sari sari bunga

Test Madu Asli dengan telur:
Dengan meletakan telur pada madu, jika kuning telor menjadi setengah matang maka dapat dipastikan madu asli.
Fakta :
Hal ini tidak sepenuhnya benar karena produsen madu palsu mengakali dengan menambahkan cuka pada madu sehingga tingkat keasamanya tinggi, hal ini yang menyebabkan kuning telur menjadi setengah matang

Dari berbagai sumber

No comments:

Post a Comment